Sabtu, 14 April 2012

Teater Garasi Pentas dalam Rangka Forum Seniman Perempuan

Program ini adalah bagian dari Forum Seniman Perempuan Salihara 2012, yang berlangsung selama April—Mei 2012. Pementasan Teater Garasi dari Jogjakarta bertajuk Goyang Penasaran menampilkan kisah Salimah, seorang penyanyi dangdut, di tengah masyarakat yang memuja sekaligus menghujatnya. Banyak lelaki yang rela bertekuk lutut di depannya. Karena dianggap merusak moral, Salimah dilarang pentas oleh Haji Ahmad, guru mengajinya semasa remaja.
Dua tahun kemudian, ia kembali ke kampung dan menuntut balas. Lakon ini mengolah moda horor untuk mempersoalkan cara kita memandang tubuh, seksualitas, agama, dan kekerasan di Indonesia dalam beberapa waktu terakhir. Lakon ini adalah proyek kolaborasi Teater Garasi yang diadaptasi dari cerpen Intan Paramaditha dengan judul yang sama dan disutradarai oleh Naomi Srikandi, serta didukung oleh Empowering Women Artists Yayasan Kelola (2010—2011). Teater Garasi adalah kelompok seniman dan laboratorium seni pertunjukan yang berkomitmen mengembangkan idiom-idiom pertunjukan yang segar dalam upaya membangun dialog yang kritis dengan publik/lingkungannya. Karya-karyanya termasuk Waktu Batu, Repertoar Hujan, Je.ja.l.an, dan Tubuh Ketiga. Beberapa di antaranya telah dipentaskan di festival internasional.
Pertunjukan teater “Goyang Penasaran” ini akan berlangsung di Teater Salihara pada Kamis—Jumat (19-20) April, pukul 20:00 WIB. Tiket seharga Rp 50.000.
Mengalihkan sebuah cerita pendek atau karya sastra lainnya menjadi sebuah karya pentas adalah sebuah alternatif bagi pengayaan naskah teater. Tetapi itu berlangsung bukan tanpa masalah, misalnya antara mempertahankan watak karya sastra dan mencari kemungkinan pemanggungan yang dibayangkan sutradara. Bagaimana jika keduanya bertemu dan membicarakan kemungkinan pemanggungan karya tersebut? Intan Paramaditha selaku penulis cerpen “Goyang Penasaran” dan Naomi Srikandi selaku sutradara akan berbagi pengalaman seputar kolaborasi mereka dalam menulis naskah dan memanggungkan lakon Goyang Penasaran.
Diskusi “Goyang Penasaran: Dari Cerpen ke Panggung” akan berlangsung di Teater Salihara, Jumat, 20 April 2012, pukul 21:30 WIB (setelah pertunjukan). Terbuka untuk umum, tempat terbatas. Pendaftaran paling lambat Kamis, 19 April 2012

0 komentar:

Posting Komentar