Minggu, 25 Desember 2011

Ghost Track (LeineRoebana)

Ghost
LeineRoebana adalah kelompok tari modern yang didirikan oleh dua koreografer, Andrea Leine (Belanda) dan Harijono Roebana (Indonesia). Sejak 1990-an, kelompok ini telah dikenal dan menempati posisi penting dalam dunia tari di Belanda.
Pertengahan tahun lalu, LeineRoebana mendemonstrasikan hasil latihan karya baru mereka, Ghost Track, di Teater Salihara. Ide karya Ghost Track berawal dari gamelan, yang bagi Leine dan Roebana memiliki karakter bunyi yang menarik dan menantang indra pendengaran. Kolaborasi ini kemudian melibatkan juga komposer Iwan Gunawan, yang memiliki akar seni musik tradisi Sunda dan memiliki pengetahuan musik kontemporer Barat. Pertanyaan mendasar yang mereka coba telusuri adalah perihal perbedaan yang mungkin akan nampak dalam gerak penari Eropa dan Indonesia.
Ghost Track adalah sebuah penjelajahan yang dilakukan oleh dan terhadap para penari yang berasal dari latar belakang budaya yang berbeda—dengan konsekuensi mengeksplorasi diri sendiri dan tradisi yang menyertai masing-masing individu. Pertunjukan perdana dunia Ghost Track telah diselenggarakan akhir tahun 2011. Penampilan LeineRoebana kali ini merupakan penampilan perdana karya Ghost Track di Asia.


Tari
Ghost Track
LeineRoebana
Teater Salihara | Rabu-Kamis, 08-09 Februari 2012, 20:00 WIB
HTM Rp 50.000,- | Mahasiswa/Pelajar Rp 25.000,-

0 komentar:

Posting Komentar