Selasa, 21 Februari 2012

'Atlantis', Album Terbaru D'Cinnamons

"Kami mules-mulesnya sejak dari tahun 2008 terus baru mau lahir sekarang."
Lama tak terdengar kabarnya, grup musik D'Cinnamons akan merilis album baru bertajuk 'Atlantis'. Jarak waktu peluncuran 'Atlantis' dengan album sebelumnya memang cukup lama. Band yang terbentuk tahun 2004 ini terakhir kali merilis album berjudul 'Good Morning' pada 2007.

"Ini memang kelamaan sih. Kami mules-mulesnya sejak dari tahun 2008 terus baru mau lahir sekarang," kata vokalis D'Cinnamons, Dodo, kepada VIVAnews.com di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat.

Album yang rencananya dirilis bulan depan itu berisi sepuluh lagu di antaranya 'Lovely Friends' dan 'Teman Hidup'. Lagu itu juga sempat mengisi soundtrack salah satu film Indonesia. Mereka mengakui proses pengumpulan materi untuk album 'Atlantis' berjalan selama setahun.

"Di album kedua ini ada Andi Rianto juga yang jadi music director kita. Pastinya akan berbeda jadi banyak akustik full orchestra gitu deh," kata pemilik nama lengkap Diana Widoera itu.

Dodo menuturkan, album ini juga lebih dewasa ketimbang lagu-lagu mereka sebelumnya. "Saya nyanyinya kalau dulu kan kayak marah-marah. Sekarang lebih dewasa, lebih tertahan emosinya," kata pelantun 'Ku Yakin Cinta' itu.

Masuknya Nana sebagai pemain bass baru di D'Cinnamons yang menggantikan Laut, ikut memberikan warna berbeda. "Yang pasti album ini jadi lebih kaya. Karena Nana kan background-nya dari anak metal juga ya. Pokoknya nge-rock gitu. Kolaborasi rock akustik jadi lebih ramai dan powerfull," ujar Bonaventura, gitaris D'Cinnamons.

Judul album 'Atlantis' sengaja diambil dari salah satu judul lagu di album ini. "Itu lagu yang pertama kita take. Sekarang kita bertiga juga menciptakan lagu. Jadi warna dari masing-masing personel tuh keluar," ujar pria berkacamata itu.

D'Cinnamons adalah salah satu grup musik Indonesia yang mengusung konsep berbeda. Kehadirannya di tahun 2007 mampu membawa angin segar bagi industri musik Tanah Air. Setelah merilis album pertamanya di awal 2007, D'Cinnamons yang awalnya terdiri dari Dodo, Bonaventura dan Laut merilis soundtrack film 'Cintapuccino' dengan hits single 'Selamanya Cinta'. Lagu ini mengantarkan mereka meraih piala Indonesian Movie Award sebagai soundtrack terfavorit 2008.

Pada awal 2009, D'Cinnamons yang hanya tinggal dua personel, yaitu Dodo dan Bona mengeluarkan cover version hits single 'Galih Dan Ratna' yang pernah dipopulerkan oleh penyanyi Chrisye. Mereka kembali membawakan lagu 'Damai Tapi Gersang', sebuah lagu yang populer di tahun 1970-an, dengan versi D'Cinnamons.
Group musik beraliran akuistik, D'Cinnamons, berencana mengeluarkan album terbaru mereka bertajuk 'Atlantis'.

Dalam album kedua ini, group yang terdiri atas Diana Widoera alias Dodo (lead vocals dan acoustic guitar), Ismail Bonaventura alias Bona (acoustic guitar dan backing vocal), dan Riana Mayasari alias Nana (bassist) tetap mengambil konsep akustik tanpa drum, tapi ditambah dengan nuansa orkestra di dalamnya.

''Kami tertantang, bagaimana agar orkestra itu keseret ke akustik, jangan sampai ke pop,'' kata Dodo saat ditemui dalam acara Final Round of Soundsitive di La Piazza, Kelapa Gading, Jakarta, Minggu 20 Maret 2011.

Dodo menuturkan, konsep dalam album itu berasal dari Bona. Ia menjelaskan, nama album yang diambil dari salah satu judul lagu itu mengisahkan usaha seorang profesor yang menyelamatkan sebuah daerah berjuluk 'Atlantis'.

''Saya kemarin beli buku. Teorinya bahwa Atlantis itu di Indonesia, jadi Indonesia adalah pembawa peradaban,'' urai Bona.

Selain itu, band yang terinspirasi John Mayer, Alanis Morissette, dan Dave Matthews Band dalam bermusik ini mengambil langkah yang sedikit berbeda dalam album barunya.
Sebelumnya, selalu ada nuansa cinta dalam lagu-lagunya. Namun, kali ini mereka meninggalkan mainstream tersebut. Sayangnya, pelantun Galih dan Ratna karya Guruh Soekarnoputra ini belum bersedia memberikan penjelasan lebih jauh.

''Kami nggak akan banyak lagu cinta di album ini,'' ujar Dodo. (umi-VIVAnews)

0 komentar:

Posting Komentar