Minggu, 25 Desember 2011

Syahadat Cinta Râbi’ah al-‘Adawiyah

Syahadat Cinta Râbi’ah al-‘Adawiyah | Karya Mohamad Guntur Romli
Pembicara: Luqman Hakiem (ahli tasawuf) & Musdah Mulia (Ketua Umum Indonesian Conference on Religion and Peace)
Serambi Salihara | Rabu, 18 Januari 2012, 19:00 WIB
Terbuka untuk umum | Pendaftaran selambatnya 17 Januari 2012
Musyawarah Buku
Apakah sosok Râbi’ah al-‘Adawiyah benar-benar ada atau hanya rekaan semata? Benarkah ia pernah menjadi penghibur sebelum dikenal sebagai tokoh sufi? Apakah karâmah Râbi’ah terletak pada kemampuan supranaturalnya yang konon bisa terbang di udara, menampik malaikat Munkar-Nakir yang ingin mengajukan pertanyaan di kuburnya, atau karena ajarannya yang digairahkan oleh cinta?
Buku ini melacak sosok Râbi’ah langsung dari kitab-kitab klasik mulai karya al-Jâhidh (w. 255 H) dan “kitab kanon” tasawuf yang dikarang oleh al-Sarrâj al-Thûsî (w. 378 H), al-Kalâbadzî (w. 380 H), Abu Thâlib al-Makkî (w. 386 H), al-Sulamî (w. 412), al-Hujwîrî (w. 465 H), al-Qusyairî (w. 465 H) dan Ibn al-Jawzî (w. 597 H). Sayangnya, nama Râbi’ah dihapus dari peringkat tokoh-tokoh sufi dalam “kitab kanon” tasawuf tersebut yang isinya hanya deretan nama laki-laki. Al-Aththâr (w. 627 H) yang meletakkan kembali nama Râbi’ah dalam jajaran tokoh sufi laki-laki. Buku ini juga menelusuri konteks hidup Râbi’ah: kota Bashrah yang melahirkan tasawuf sebagai elan revolusi spiritual yang membentuk aliran “tasawuf romantik”. Aliran ini dipengaruhi oleh “romantisisme Arab” melalui genre sastra ghazal, asketisme kekristenan dalam tradisi kerahiban, dan corak feminin ajaran para perempuan sufi yang mendahului Râbi’ah.
Dan seluruh penelusuran tadi bermuara pada lautan “Syahadat Cinta” Râbi’ah. Syahadat Râbi’ah bukan [lagi] “Tiada Tuhan Selain Allah” tapi “Aku Cinta Kamu, Allah”. Râbi’ah telah membangun sebuah relasi “baru” dalam agama dari penghambaan (‘ibâdah) menjadi percintaan (mahabbah). Manusia tak lagi memandang Tuhan dengan penuh ketakutan dan pamrih, namun suatu relasi intim antar-kekasih yang dipenuhi keakraban, kehangatan dan kerinduan.
Dalam acara ini buku Syahadat Cinta Rabi’ah al-‘Adawiyah yang diterbitkan oleh Rehal Pustaka, Januari 2012 akan dijual dengan potongan harga 20%.

0 komentar:

Posting Komentar